Polres Simalungun Perkuat Keamanan dan Keterlibatan Masyarakat Lewat Program DDS

0
7

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan mempererat hubungan antara polisi dengan masyarakat, Polres Simalungun melaksanakan kunjungan kemasyarakatan melalui program Door To Door System (DDS) serta pengecekan kesiapan Poskamling di Huta II Nagori Pamatang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, pada Kamis, 22 Februari 2024.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, dipimpin oleh KBO Sat Binmas Iptu P. Simbolon bersama dengan tim yang terdiri dari beberapa unit kerja seperti Kanit Bhabinkamtibmas Iptu H. Manurung, PS. Kanit Binpolmas Aiptu Mukti Ali Siregar, PS. Kanit Bintibsos Aiptu Serli Tarigan, PS. Kanit Binkamsa Aiptu R. Nainggolan, dan staf Sat Binmas Bripka TR. Situmorang. Turut serta dalam kegiatan ini adalah Gamot (kepala dusun) Huta II Nagori Pamatang Simalungun dan anggota masyarakat setempat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Polres Simalungun di bawah kepemimpinan Kasat Binmas AKP Hengky B. Siahaan, SH untuk membangun komunikasi yang lebih baik dan lebih dekat dengan masyarakat. Melalui kunjungan ini, polisi berharap dapat mendengarkan secara langsung keluhan dan masukan dari warga seputar isu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selain itu, pengecekan persiapan Poskamling menjadi salah satu fokus penting dalam kegiatan ini. Poskamling merupakan sarana penting dalam upaya pencegahan kejahatan dan memperkuat keamanan lingkungan. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas tersebut berada dalam kondisi yang baik dan siap digunakan oleh masyarakat setiap saat.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh polisi untuk menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kewaspadaan dan kerjasama dalam menjaga keamanan lingkungan. Pesan tentang pentingnya pencegahan kejahatan, peran serta masyarakat dalam pengamanan swakarsa dan tindakan preventif ditujukan agar masyarakat lebih sadar dan berpartisipasi aktif dalam usaha pengamanan lingkungan.

Kegiatan DDS dan cek kesiapan Poskamling ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum. Melalui kerjasama yang erat antara polisi dan masyarakat, diharapkan tercipta sebuah lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua.MP