Bupati Simalungun Berangkatkan Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka ke Cibubur

0
13

 

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, memberangkat kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka untuk mengikuti Raimuna Nasional di Cibubur Jakarta Timur, dari Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Rabu (9/8/2023).

Dalam arahannya, Bupati Simalungun menyampaikan selamat kepada adik-adik yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Simalungun bergabung dengan kontingen Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Sumatera Utara pada Raimuna XII Tahun 2023 di Cibubur, Jakarta Timur.

Kepada kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun, Bupati berharap, selain membawa nama baik pribadi dan keluarga, dipundak adik adik tersemat nama Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun maupun provinsi.

“Tunjukkan bahwa kalian bisa dan mampu memberikan yang terbaik bagi Tanoh Habonaron Do Bona. Kepramukaan itu asyik, keren dan gembira,” kata Bupati.

Disampaikan Bupati, Gerakan Pramuka dapat mewujudkan empat tujuan revitalisasi gerakan Pramuka, yakni dapat diterima dan diminati kaum muda, wahana membentuk watak dan kepribadian, dapat melaksanakan kegiatan secara cerdas dan menangkal berbagai masalah kaum muda, dapat di terima sebagai institusi yang menyelenggarakan pendidikan bela negara

Oleh karena itu Bupati berharap, selama mengikuti Raimuna Nasional, adik-adik dapat memberikan citra positif dengan bersikap ramah, sopan santun, berbudi pekerti luhur dan siap menolong siapapun yang memerlukan bantuan yang sejalan dengan kode kehormatan Pramuka.

Sebelumnya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun diwakili Zulhaidir Darmawin menyampaikan bahwa kegiatan Raimuna Nasional berlangsung mulai 12 -21 Agustus 2023.

“Kontingen Simalungun yang ikuti kegiatan Raimuna Nasional sebanyak 49 peserta terdiri dari penegak, pandega, pembina pendamping, tim kesehatan dan pimpinan kontingen,” kata Zulhaidir.

Menurut Zulhaidir, perhelatan Raimuna Nasional dilaksanakan lima tahun sekali, sebagai ajang pertemuan Pramuka penegak dan pandega se-Indonesia dalam perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwarnas.

“Tujuan peserta mengikuti Raimuna, untuk membentuk watak, sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasa Darma,” kata Zulhaidir.WY