Polsek Tanah Jawa Tangani Kecelakaan Tunggal, Seorang Pelajar Ditabrak Minibus Daihatsu Grand Max

0
4

Metroglobal24.com_SIMALUNGUN – Polsekta Tanah Jawa, Resor Simalungun, bergerak cepat membantu menangani korban laka lantas tunggal yang terjadi pada Kamis, 31 Agustus 2023, sekitar pukul 13.20 WIB. Kejadian berlangsung di jalan umum KM 2-3 jurusan Tanah Jawa – Hutabayu Raja, tepatnya di Kampung Karo Nag Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Satu unit mopen umum minibus Daihatsu Grand Max PT Atlas Maju Jaya BK 1591 TY yang dikemudikan oleh Jendri Siahaan, berusia 28 tahun, dari Perumahan Greenland Asri Tanah Jawa, Kab. Simalungun, terlibat kecelakaan tersebut. Siahaan membawa seorang penumpang, yaitu Juan Praja Sianturi, pelajar berusia 13 tahun dari Desa Muara Jawa, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Menurut kronologi kejadian, Siahaan datang dari arah Tanah Jawa menuju Hutabayu Raja dengan kecepatan tinggi. Sayangnya, dia kurang hati-hat dan kurang memperhatikan Sianturi yang sedang turun dari atas kap minibus, hingga Sianturi terjatuh ke berm jalan sebelah kiri, menyebabkan luka di bagian kepala.

Sianturi kemudian mendapat perawatan di RS Balimbingan Tanah Jawa dan dirujuk ke RS Vita Insani Pematang Siantar.

Polsekta Tanah Jawa, setelah menerima laporan, langsung mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan dan olah TKP, mengatur arus lalulintas, melakukan pemotretan di TKP, mengamankan bukti, memeriksa korban, mencari informasi, melaporkan kepada Kanit Gakkum, Melaporkan melalui WA, dan melaporkan kepada Pimpinan.

Penyebab kecelakaan diduga kuat adalah faktor manusia dan keadaan kendaraan yang dalam keadaan standard keamanan. Waktu kejadian, cuaca cerah pada siang hari, arus lalin sedang dan di daerah pemukiman penduduk. Jalan merupakan jalan Kabupaten, diaspal hotmix, jalur dua arah, lebar jalan 5 meter, lurus dan menikung ke kanan arah jurusan tanah jawa dekat TKP, dan tidak terdapat marka jalan.

Atas kejadian tersebut Kapolsek Tanah Jawa KOMPOL Manson Nainggolan, SH., MSI., menyampaikan himbauan kepada seluruh para supir angkutan kota, Kamis(31/8/2023). “Sebagai Kapolsek Tanah Jawa, kami merasa prihatin atas terjadinya peristiwa naas yang menimpa salah satu warga kita pada tanggal 31 Agustus 2023 di jalan umum KM 2-3 jurusan Tanah Jawa – Hutabayu Raja.

Kejadian ini harus menjadi pembelajaran bagi kita semua, khususnya bagi pelaku di atas jalan raya, untuk selalu menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang. Karena tanpa kesadaran dan kepatuhan dari kita semua, berapapun peraturan dan tindakan pun tidak akan menjadi efektif.

Maka dari itu, saya menghimbau kepada seluruh supir angkutan kota di wilayah Tanah Jawa, untuk tidak lagi menaikan penumpang ke atas kap mobil angkutan. Peraturan tersebut berlaku seketika tanpa pengecualian. Pelanggaran atas himbauan ini akan dikenakan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mari kita sama-sama menjaga dan menciptakan keadaan lalu lintas yang aman dan nyaman, untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Kamu adalah contoh bagi orang lain, apabila kamu melakukan keselamatan maka yang lain akan mengikutimu, “himbau KOMPOL Manson.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada saksi yang bisa ditemui terkait kejadian ini. Penyelidikan masih berlanjut untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan dan menentukan langkah penyelesaiannya.(CRM)