Pengurus Daerah JMSI Provinsi Sumatera Utara Gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda)

0
13

Medan, MetroGlobal24.Com – Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumut Gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Kamis (2/3/2023) sekitar jam 11.00 WIB.

Pada Rakerda, Hadir Ilyas selaku Kepala Dinas Komunikasi & Informasi (Kominfo) Sumut, Farianda Putra Sinik, Bupati Batu Bara yang diwakili Sekda Norma Deli Siregar, Kapoldasu yang diwakili oleh Karo Penmas (Kepala Biro Penerangan Masyarakat) AKBP Herwansyah, Ketua SMSI Sumut Erris Julietta Napitupulu dan Ketua Umum DPP JMSI, Teguh Santosa diwakili Choking Susilo Sakeh.

Ketua Pengda JMSI Sumut, Rianto Aghly menyampaikan, Rakerda digelar untuk penguatan organisasi dengan mendata dan memverifikasi seluruh anggotanya. “Sehingga, perusahaan-perusahaan Pers yang terdiri dari sejumlah media online dapat lebih profesional dalam jalankan peran dan fungsinya,” jelasnya.

Rianto Aghly yang akrab dipanggil Anto Genk menegaskan, bahwa pengurus dan anggota JMSI adalah pengusaha media. “Untuk itu, semua pengurus menjaga marwah dan wibawa,” tegasnya sembari menerangkan bahwa Dewan Pers bukan tempat pendaftaran, melainkan wadah untuk pendataan perusahaan pers.

Sementara, Ketua PWI Sumut Farianda Putra  Sinik dalam sambutannya mengatakan, Kehadiran JMSI di Sumut kiranya dapat menciptakan ekosistem Pers yang sehat dan profesional.

Untuk itu, JMSI selaku konstituen Dewan Pers dapat bekerjasama & join, kompak sesama organisasi yang berbeda. “Kita apresiasi kegiatan Rakerda dan mudah mudahan melahirkan hasil yang bermanfaat. Kehadiran JMSI dapat menjawab tantangan media siber di Sumut,” paparnya.

Ketua Umum DPP JMSI, Teguh Santosa yang diwakili oleh pengurus pusat Coking Susilo Sakeh menyampaikan agar para pemilik media online yang tergabung di Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Utara harus mampu menjadi lokomotif pembangunan daerah dan dapat menyajikan berita yang sifatnya membangun potensi daerah.

“Ini pesan Ketua Umum, JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan di daerah. Membangun solidaritas guna mendapatkan berita yang baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Saat ini, sambung Choking, persaingan media online sangat ketat dan mendapat tantangan yakni, masih banyak media menayangkan berita hasil copy paste dari media lain.

“Padahal sangat dibutuhkan berita yang viral dengan berita berbeda hasil liputan wartawan. Dan tak kalah penting untuk mendapatkan berita yang bagus sangat berpengaruh dengan kesejahteraan wartawannya,” terangnya.

Agar tantangan itu dapat dijalani, maka JMSI Sumatera Utara harus melakukan konsolidasi internal sesama organisasi dan profesional.

Bupati Kabupaten Batubara yang diwakili Sekda Norma Deli Siregar menyampaikan sangat mendukung kehadiran JMSI yang diharapkan dapat menguatkan peran pers untuk mendukung pembangunan yang maju dan mandiri.

“Peran pers sangat berpengaruh untuk meningkatkan pembangunan. Oleh karna itu, mengajak senantiasa kesadaran berkomitmen meningkatkan kode etik jurnalistik. Kita harap JMSI Sumut dapat menciptakan informasi yang transparan dan akurat,” ujarnya

Sekda menambahkan, di Sumatera Utara khususnya Pers harus menjadi terdepan dan barometer terhadap kehidupan pers daerah lainnya. “Pers Sumut harus bisa menjadi lokomotif dalam penyampaian informasi,” tandasnya.RF