Parlindungan Purba Selaku Pengurus IKBIN Temui Plt Bupati Langkat, Bahas Rencana Undang Investor Korsel

0
11

Medan, MetroGlobal24.Com – Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Parlindungan Purba bersama Beby Arbiana selaku Pengurus Indonesia-Korea Business Initiative Network (IKBIN) menemui Plt. Bupati Langkat H.Syah Afandin SH untuk membahas rencana mengundang para investor dari Korea Selatan ke Langkat.

Kedua pengurus IKBIN ini yakni Parlindungan Purba dan Beby Arbiana bertemu dengan Syah Afandin dirumah dinas, Selasa (26/9/2023).

Parlindungan Purba yang juga menjabat Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumut ini mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya bertemu dengan Ketua Parlemen Korea Selatan, Kim Jin Pyo dan para pengusaha dari negeri ginseng tersebut.

“Dalam pertemuan yang juga diikuti pengurus Apindo Sumut tersebut kami membahas berbagai potensi ekonomi di Sumatera Utara (Sumut) yang bisa dikembangkan,” ujar Parlindungan yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Bilateral ASEAN KADIN Indonesia ini.

Salah satu daerah yang memiliki banyak potensi ekonomi adalah Kabupaten Langkat. Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Parlindungan Purba mengatakan, banyak sektor ekonomi di Langkat yang bisa dioptimalkan.

“Mulai dari sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, pertambangan, kelautan dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara Beby Arbiana mengatakan, potensi ekonomi tersebut harus segera dioptimalkan untuk kepentingan Kabupaten Langkat.

Beby mengatakan, investasi tersebut dibutuhkan tidak hanya untuk kepentingan Pemkab Langkat saja, namun juga untuk kepentingan masyarakat.

“Akan banyak penyerapan tenaga kerja dari investasi yang masuk. Ditambah lagi multiplier effect yang akan menggerakkan sektor ekonomi lainnya, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” ujar Beby salah satu pengusaha dibidang peternakan sapi di Langkat ini.

Beby mengatakan, masuknya investasi ke Langkat akan membuat ekonomi di daerah tersebut bertumbuh dan bergairah.

“Otomatis Pemkab Langkat juga akan diuntungkan karena meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mengurangi angka pengangguran, menggerakkan sektor ekonomi lainnya menambah skill para tenaga kerja kita dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh,” ujarnya.

Beby mengatakan, dirinya bersama Parlindungan Purba telah berkomitmen untuk berkontribusi terhadap kemajuan daerah ini.

“Salah satunya adalah akan mengundang investor dari Korsel untuk menemui Plt. Bupati Langkat H.Syah Afandin SH. Karena itu kami mohon dukungan dari Pemkab Langkat,” tuturnya.

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH, sangat mendukung dengan rencana mengundang investor asal Korsel tersebut.

“Kabupaten Langkat dikaruniai oleh kekayaan alam yang luar biasa. Kita harus bisa memanfaatkan sebaik-baik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat Langkat. Banyak peluang yang bisa dioptimalkan disini,” ujarnya.

H. Syah Afandin mencontohkan objek wisata Bukit Lawang dan Tangkahan yang memerlukan dukungan investor dalam pengembangannya.

“Begitu juga dengan sektor lainnya seperti pertambangan, perkebunan, pariwisata dan sebagainya. Yang penting bagaimana investasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Langkat. Pemkab Langkat mendukung rencana mengundang investor dari Korsel ke daerah ini,” tuturnya.RP