Masyarakat Hutabayu Raja Marharoan Bolon Perbaiki Ruas Jalan Rusak

0
41

Hutabayuraja,-MetroGlobal24.Com

Marharoan Bolon atau Gotong Royong memiliki makna terkandung yang berarti sahabat penuh kasih yang menganggap teman atau orang lain sebagai dirinya sendiri.

Hal inilah yang merupakan acuan Camat Hutabayu Raja Ferry Risdonni Sinaga SH MH untuk menindak-lanjuti visi dan misi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Sehingga pada hari jumat (3/6) sekira 50 orang melakukan kegiatan Marharoan Bolon atau gotong-royong guna memperbaiki ruas jalan yang rusak parah dan sangat memprihatinkan bagi pengguna jalan, tepatnya di depan Masjid Kampung Malayi Kelurahan Hutabayu, Kecamatan Hutabayuraja.

“Kami yang Marharoan Bolon (Gotong-Royong) ini terdiri dari Lurah Hutabayu dan aparatnya, Pangulu Bosar Bayu, Pangulu Manrayap Bayu, Pangulu Mancuk, Pangulu Maligas Bayu beserta aparat Nagori dari masing-masing Nagori dan Maujananya. Dan untuk pengadaan material bersumber dari swadaya masyarakat,” kata Camat Hutabayu Raja.

Dikatakannya lagi sistem perbaikan ruas jalan ini, menutupi lobang-lobang dengan batu padas yang disusun rapi sehingga permukaan ruas jalan kelihatan rata dan pembuatan parit buangan pengerjaannya dilakukan oleh tukang. Walaupun demikian tata perbaikan ruas jalan ini hanya bersifat sementara namun sudah ada kenyamanan bagi pengguna jalan, menunggu anggaran terealisasi tahun ini dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu, kualitas jalan-jalan di wilayah Kabupaten Simalungun.

Kegiatan Marharoan Bolon ini merupakan satu langkah yang tepat sasaran dalam memperbaiki ruas jalan yang sudah lebih 10 tahun tidak ada proses perbaikan. Ide dan gagasan Camat Hutabayu Raja ini sangat antusias ditanggapi oleh warga masyarakat dan dapat dilihat dari semua dukungan warga yang ikut serta dalam pengerjaan ruas jalan yang rusak parah kata salah seorang pengusaha yang juga ikut berkontribusi namun beliau tidak mau namanya disebutkan ke awak media.BS