Kisah Hafiz Al-Quran asal Kota Siantar Menjadi Atlet Binaraga Prakualifikasi Porprov Sumut 2022

2
154
Atlet Binaraga PBFI Kabupaten Simalungun Fanshuri Haitami (foto :Instagram @fanshuri.haitami)

Siantar,-MetroGlobal24.com – Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Kabupaten Simalungun mengirimkan 3 atlet untuk bertanding di Prakualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara pada tanggal 26 Juni 2022. Ketiganya berasal dari Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Salah seorang dari Kota Siantar yakni Fanshuri Haitami. Ia lah seorang Hafiz Al-Quran sekaligus guru ngaji di sekitar tempat tinggalnya, Jalan Sriwijaya, Kecamatan Siantar Utara.

Sertifikat tanda selesai menghafal Al-Quran Fanshuri Haitami (foto:Instagram @fanshuri.haitami

Pria kelahiran 1995 ini sebelumnya meraih medali perak di ajang yang sama. “Selekda Sumatera Utara tahun lalu adalah kontes pertama saya. Dan tahun ini menjadi kontes profesional kedua,” kata Fanshuri, hari Senin (20/6/2022).

Latar belakang pendidikan Fanshuri lebih banyak diselesaikan di salah satu pesantren di Kota Samarinda. Ia hanya menyelesaikan Sekolah Dasar di pendidikan formal, dan selanjutnya dihabiskan di pondok pesantren.

Saat mondok itu lah, Fanshuri menjadi Hafiz Al-Quran. Ia mampu menghapal ayat suci Al-Quran dengan baik dan benar.

Selesai mondok, ia lanjut ke sekolah hadist di Magelang. Bahkan ia pernah berangkat ke India dan Bangladesh untuk menjadi pengajar ngaji dari program sekolah kitab tersebut.

Seusai itu, Fanshuri tinggal di Kota Siantar dan menjadi pedagang molen di pusat perbelanjaan tradisional. Ketika itu usianya sekitar 17 tahun.

Disela-sela berdagang itu, Fanshuri tertarik dengan olahraga binaraga. Pria dengan tinggi 155 cm itu pun mulai menekuni hobi barunya itu.

Hingga pada akhirnya ia mendapat peluang ikut pertandingan di Selekda Provinsi Sumut 2021. Ia mampu mengalahkan sejumlah perwakilan kota-kabupaten yang ada di Provinsi Sumut dan menempati juara kedua.

“Saya juga kaget bisa mendapat juara 2. Padahal persiapan saya disitu kurang maksimal dan saya minim pengalaman,” ujarnya.

Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan Dukung Atlet Binaraga Siantar-Simalungun di Porprov Sumut 2022

Pada Prakualifikasi Porprov Sumut 2022 kali ini, Fanshuri Haitami percaya diri untuk membawa pulang medali emas dan lolos pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara dan bisa ikut bertanding di PON 2024 (Pekan Olahraga Nasional).

“Persiapan kali ini, saya sudah sangat siap. Perkembangan masa otot saya lebih pesat dan saya yakin bisa juara 1,” pungkasnya.

Penulis : Gideon Aritonang