Kapolres Simalungun Hadiri Perayaan Jubelium 120 Tahun Injil Simalungun dan Sampaikan Himbauan Tentang Pengamanan Pemilihan Kepala Desa

0
3

Metroglobal24.com_SIMALUNGUN – Minggu, 10 September 2023 menjadi hari bersejarah bagi komunitas GKPS Resort Sondi Raya, Kecamatan Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun. Halaman gereja tersebut menjadi saksi perayaan dan ibadah Jubelium 120 Tahun Injil di Simalungun dan Pesta Olob-olob GKPS Resort Sondi Raya. Acara ini dihadiri langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH., S.I.K., M.H., dimulai pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun menyampaikan himbauan khusus kepada jemaat dan masyarakat sekitar. Ia meminta dukungan bagi pihak kepolisian Simalungun dalam melaksanakan pengamanan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada gelombang II tahun 2023.

Dalam kaitannya dengan Pilkades tersebut, Kapolres membeberkan bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun telah merilis tahapan dan jadwal pelaksanaan. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara ditentukan akan berlangsung pada tanggal 13 September 2023. Dalam melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pilkades, Kapolres mengharapkan kerjasama dan dukungan dari masyarakat.

Kapolres Simalungun juga menekankan beberapa poin penting dalam sambutannya. Ia menyoroti pentingnya toleransi umat beragama, peranan gereja dalam memberikan siraman-siraman rohani, dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ia juga berharap masyarakat dapat menjadi polisi di keluarga masing-masing guna mencegah terjerumusnya anggota keluarga ke dalam perbuatan kriminal seperti penyalah gunaan narkoba serta kenakalan-kenakalan anak remaja seperti balap liar ataupun penggunaan knalpot blong.

Kapolres Simalungun juga menjadi tamu kehormatan dalam perayaan sebab ia merupakan keturunan/cucu Guru Jason Saragih yang merupakan salah satu tokoh GKPS di Wilayah Kabupaten Simalungun.

Perayaan dihadiri sekitar 500 orang yang terdiri dari jemaat GKPS Resort Sondi Raya dan undangan. Masyarakat mengungkapkan rasa senang dan bangga dengan kedatangan Kapolres dan personil Polres Simalungun di tengah mereka. Hal ini dianggap dapat memicu semangat masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mendukung toleransi umat beragama.

Pengamanan perayaan dan ibadah Jubelium 120 tahun Injil di Simalungun melibatkan 25 personil dari Polres Simalungun dan dikendalikan langsung oleh Kapolres melalui PLH Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Resbon Gultom, SH., serta PLH Kapolsek Raya IPDA Bernad Napitupulu.(CRM)