Walikota Siantar dr. Susanti Dewayani, SpA Mendukung Rencana Pelantikan Pengurus JMSI Siantar-Simalungun

0
10

Pematangsiantar, MetroGlobal24.Com – Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut baik rencana pelantikan pengurus Jaringan Media Siber Indonesia Pematang Siantar-Simalungun. Rencananya, pelantikan berlangsung Rabu (02/02/2023) di Siantar Hotel.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh dr Susanti Dewayani, SpA saat menerima audiensi pengurus JMSI Pematang Siantar-Simalungun yang akan dilantik, di rumah dinas walikota, Jalan MH Sitorus Pematang Siantar, Selasa (31/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar hadir di semua pihak, termasuk dalam organisasi jurnalis dan pers. Sebagai pilar keempat, kata dr. Susanti, pers memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan di Kota Pematang Siantar.

dr Susanti berharap agar media menyajikan pemberitaan berdasarkan fakta dan memiliki tata kelola yang baik.

“Dalam menyajikan berita, media juga harus menjalankan etika jurnalis. Prinsipnya, bagaimana profesi jurnalis bekerja secara profesional dalam berkarya,” tutur dr Susanti.

Masih kata dr Susanti, keseimbangan dalam menyajikan berita berdasarkan data dan fakta perlu dilakukan agar menjadi masukan bagi Pemko Pematang Siantar.

“Ketika ada berita yang agak miring, kita tidak mengelak. Itu menjadi masukan bagi Pemko Pematang Siantar,” sebutnya

dr Susanti juga menyinggung sebutan Siantar Man yang harus dikembalikan ke konotasi positif. Ini, katanya, menjadi salah satu tugas media.

“Kalau mengaku Siantar Man, mari kita bangun konotasi positif. Sehingga tidak hanya berita miring tanpa ada data. Bagaimana sejumlah prestasi Pemko Pematang Siantar, juga menjadi sajian dalam pemberitaan di media,” terang dr. Susanti Dewayani, S.

dr Susanti menyambut baik rencana pelantikan pengurus JMSI Pematang Siantar dan Simalungun. dr Susanti juga mengajak JMSI Pematang Siantar-Simalungun untuk turut serta memberikan kontribusi dalam membangun Kota Pematang Siantar.

Sementara itu, Ketua JMSI Pematang Siantar-Simalungun Jhonson Turnip yang didampingi sejumlah pengurus yang hadir mengaku senang mendapat respon yang baik dari dr Susanti.

Dijelaskan Jhonson, kedepannya JMSI Pematang Siantar-Simalungun akan menciptakan program yang akan mendukung Pemko Pematang Siantar.

“Kita akan buat diskusi publik kepada wartawan, agar jurnalis bisa memahami kerja dan tugasnya serta sejumlah kegiatan sosial lainnya,” jelas Jhonson.

Sekretaris JMSI Pematang Siantar-Simalungun Tagor Sitohang menambahkan, saat ini ada 30 media online yang telah terdaftar, yang 60 persennya merupakan pemilik media.

Hadir pada kesempatan tersebut, Plt. Kadis Kominfo Pematang Siantar Johannes Sihombing SSTP MSi dan Wakil Ketua JMSI Pematang Siantar-Simalungun Tohap Manurung.RP