Upaya Penguatan Kemitraan: Polres Simalungun Luncurkan FKPM di Nagori Pinang Ratus dan Marihat Huta

0
6

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Dalam upaya memperkuat hubungan kemitraan antara kepolisian dan masyarakat, Polres Simalungun melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar sosialisasi tentang Pembentukan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang diadakan di Kantor Nagori Pinang Ratus, Kecamatan Jorlang Hataran dan Poskamling Nagori Marihat Huta, Kecamatan Dolok Panribuan pada Rabu, 8 Mei 2024 dari pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Dipimpin oleh Iptu Priston Simbolon (KBO Sat Binmas), Aiptu Mukti Ali Siregar (Kanit BinPolmas), dan Aiptu Robert Nainggolan S.H (Kanit BinKamsa), kegiatan ini bertujuan mempromosikan pembentukan FKPM sebagai wadah dialog antara Polri dan masyarakat. Melalui BKPM (Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat), yang akan ditempatkan di setiap Pos Sat Kamling, diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk menerima masukan, menangani keluhan, dan memecahkan masalah sosial yang muncul di tengah masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perangkat nagori dan awak sat kamling dari dua lokasi, yaitu Nagori Pinang Ratus dengan partisipasi Surya Pajar (kaur pembangunan), Idawati Silalahi (Gamot), Hotmauluna Sianturi (Gamot), Santo (Gamot), Sudiaman Gultom (TOMAS), dan Tahu Simanjuntak (Maujana), serta Nagori Marihat Huta yang diwakili oleh E. Sinaga (kadus), B. Chaniago (TOMAS), dan Pijono (TOMAS).

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kanit binmas polsek Balata, Iptu JTP Sitompul, serta Bhabin polsek Balata dan Dopan yang mencakup Brigadir Bosta, Aiptu RP Sidabalok, dan Bripka J Pasaribu.

AKP Hengky B Siahaan, SH Kasat Binmas Polres Simalungun, menyatakan bahwa pembentukan FKPM ini merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami berharap FKPM bisa menjadi platform yang menguatkan hubungan masyarakat dengan Polri dan membantu dalam memecahkan berbagai masalah sosial secara lebih cepat dan efektif,” ujar Kasat Binmas.

Dengan inisiatif ini, Polres Simalungun berharap dapat mengurangi hambatan komunikasi antara polisi dan masyarakat serta meningkatkan sinergi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.RP