Sat Reskrim Polres Simalungun Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten

0
21

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Sat Reskrim Polres Simalungun berhasil mengungkap kejahatan pencurian kendaraan bermotor lintas Kabupaten dengan mengamankan 3 (tiga) orang tersangka di Lingkungan I Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun, pada hari Kamis 30 Maret 2023 sekira pukul 01.00 wib.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH SIK MH melalui Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP. Rachmat Aribowo, SIK MH saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut, Kamis (13/4/2023).

Kasat Reskrim menjelaskan bahwa keberhasilan tersebut bermula dari kecurigaan masyarakat di Lingkungan-I Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun yang melihat adanya 1 (satu) unit mobil jenis Daihatsu Xenia warna silver metalic yang melintas.

“Warga masyarakat di Lingkungan-I Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison saat itu melaksanakan jaga malam Pos Kamling dan melihat ada mobil Daihatsu Xenia melintas secara berulang-ulang sehingga menimbulkan kecurigaan dan langsung menghubungi Polres Simalungun melalui kontak pengaduan masyarakat, menanggapi adanya laporan masyarakat tersebut Personel Sat Reskrim Polres Simalungun langsung mendatangi TKP dan melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang dicurigai tersebut, “kata AKP Ari.

Personel Sat Reskrim Polres Simalungun menemukan benda yang mencurigakan ada di dalam mobil yang dikendarai, “Saat dilakukan pemeriksaan terhadap mobil yang dicurigai Daihatsu Xenia warna silver metalic ditemukan barang bukti berupa Kunci T sehingga menambah kecurigaan personel, dilakukan interogasi diketahui ketiga pria tersebut berinisial “JP”(31), “BS”(24) dan “BI”(21), ketiganya merupakan warga Dusun-II Panakkalan Desa Tapian Nauli-I Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, “jelas Kasat Reskrim.

Tidak butuh waktu lama Personel Sat Reskrim Polres Simalungun berhasil mengungkap kejahatan yang dilakukan oleh ketiga pria tersebut, “Personel Jatanras Sat Reskrim Polres Simalungun berhasil mengungkap kejahatan yang telah dilakukan “JP”(31), “BS”(24) dan “BI”(21) dengan dasar 3 (tiga) laporan polisi yang berhasil diungkap.

Ketiganya mengakui bahwa mereka sudah 3 (tiga) kali melakukan pencurian sepeda motor yang masing-masing dilakukan di Kecamatan Haranggaol Horison dan Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, “Mereka mengakui telah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah simalungun sehingga Tim Jatanras melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan barang bukti yang disimpan di Rumah Kost-kostan “BS”(24).

“Kemudian pada hari Jumat tgl 31 Maret 2023 sekira pkl 23.30 Wib, personil opsnal Jatanras melakukan pengembangan dan keterangan dari pelaku “BS”(24) bahwa sepeda motor hasil pencurian disimpan di tempat kostnya yang beralamat di jalan Pelajar Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, dari tempat kost “BS”(24) Tim Jatanras berhasil menemukan barang bukti berupa 1 (satu) unit sepeda motor jenis Honda Beat, 1 (satu) unit sepeda motor jenis Honda CB 150R, 1 (satu) unit sepeda motor jenis Honda Supra-X 125, semua kendaraan yang ditemukan tersebut merupakan kendaraan hasil curian yang dilaporkan sebelumnya,” ungkap AKP Ari.

“Saat ini ketiga tersangka telah diamankan di Mako Polres Simalungun guna proses hukum selanjutnya, terhadap para tersangka juga masih dalam tahap proses pemeriksaan dan pengembangan dari beberapa Polres terkait kejahatan yang dilakukan mereka,” kata Kasat Reskrim.

Atas kejadian ini Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Rachmat Aribowo SIK MH menghimbau masyarakat untuk dapat menjaga barang-barang berharga mengingat saat ini Bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri, “Bapak Kapolres Simalungun saat melakukan program kegiatan Jumat Curhat Warga meminta masyarakat untuk aktif melaksanakan Siskamling guna menjaga keamanan & ketertiban masyarakat seperti yang telah dilaksanakan oleh masyarakat di Lingkungan I Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun.

Apabila ada diketahui kejadian tindak pidana agar segera melaporkan pada Pihak Kepolisian terdekat atau dapat menyampaikan langsung kepada kami di posko pengaduan masyarakat di no 0811-6501-516,” pungkas AKP Ari.RM