Polres Simalungun Tingkatkan Siaga Pasca Pemilu 2024 dengan Patroli Dialogis

0
6

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Dalam rangka memastikan kenyamanan dan keamanan pasca pelaksanaan Pemilu 2024, serta mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di hari libur, Polres Simalungun menggerakkan patroli dialogis di wilayah hukumnya, Apel kesiapan digelar di halamat Polsek Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, pada hari Minggu, tanggal 25 Februari 2024.

Apel persiapan yang digelar pukul 08.00 WIB ini dipimpin oleh IPTU Teguh Raya Putra selaku Kasat Intel, dengan petunjuk dan arahannya untuk siaga penuh dalam mengantisipasi kejadian dan memonitor perkembangan situasi kamtibmas. Operasi ini bukan hanya mengincar antisipasi lalu lintas dan kemacetan di jalur vital Pematangsiantar-Parapat tapi juga menjaga keamanan umum menjelang dan setelah pemilu.

Polres Simalungun yang terdiri dari personel dari berbagai satuan, termasuk Intelkam, Reskrim, Lantas, Narkoba, Samapta, serta beberapa unit lainnya, berjumlah 18 personel yang hadir dari total 32 anggota dengan beberapa di antaranya sedang dinas, sakit, atau mendapat izin.

Dalam apel yang solid, IPTU Teguh Raya Putra selaku Kasat Intel memberikan arahan yang tegas dan jelas kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi ini. Beliau menekankan pentingnya kehadiran polisi di tengah masyarakat sebagai bentuk pelayanan publik yang prima, tidak hanya dalam rangka pengamanan tetapi juga sebagai upaya preventif dan promotif untuk membangun hubungan yang baik antara masyarakat dengan kepolisian.

IPTU Teguh mengingatkan seluruh personilnya untuk menjalankan patroli dialogis dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab. Patroli ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi dua arah antara polisi dengan masyarakat. Dengan begitu, kepolisian dapat menyerap informasi dan aspirasi langsung dari masyarakat, sekaligus menyampaikan informasi dan edukasi keamanan, termasuk tindakan pencegahan terhadap tindak kejahatan dan bencana.

Lebih lanjut, Kasat Intelkam juga menegaskan pentingnya memonitor perkembangan situasi di lapangan secara real-time. Dengan pemahaman situasi yang akurat dan up to date, personil diharapkan dapat merespon dengan cepat dan tepat setiap potensi gangguan kamtibmas. IPTU Teguh juga mengingatkan personil untuk selalu mengedepankan pendekatan yang humanis dan proporsional dalam setiap tindakan mereka di lapangan.

IPTU Teguh mengakhiri arahannya dengan memotivasi anggota untuk menjaga semangat kerja sama dan solidaritas tim. “Kita bergerak sebagai satu kesatuan yang solid, dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Keberhasilan kita bukan hanya ditentukan oleh kemampuan individual, tetapi lebih pada kekuatan tim kita dalam bekerja sama dan mendukung satu sama lain,” tegas IPTU Teguh.

Dengan arahan yang komprehensif ini, personil Polres Simalungun siap mengawal dan memastikan keamanan serta ketertiban masyarakat pasca pemilu 2024, sekaligus menjalankan fungsi pengamanan, pelayanan, dan pendekatan yang dialogis kepada masyarakat.

“Dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata yang dijalankan merupakan upaya Polri dalam menjamin kelancaran demokrasi dan memastikan hak setiap warga negara terlindungi. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai sistem pendingin pasca pemilu, mendorong masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta memberikan edukasi tentang kondisi cuaca potensial bencana melihat kondisi alam yang berubah ubah,” pungkas IPTU Teguh.

Ewin Ompusunggu masyarakat setempat memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan pemilu yang berlangsung aman dan damai. “Ini mencerminkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam melayani masyarakat dan menjaga keamanan sebagai tugas pokok dan aksi kemanusiaan dari abdi negara,” kata Ewin.

Polres Simalungun berkomitmen penuh untuk terus mengawal demokrasi serta memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat pasca Pemilu 2024, sebagaimana telah ditunjukkan melalui patroli dan pengamanan dialogis yang sedang berjalan.PH