Perayaan Natal Bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun Tahun 2021 di Perdagangan, Kecamatan Bandar

0
15

Simalungun,-MetroGlobal24.Com

Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun melaksanakan Perayaan Natal Bersama tahun 2021 di Balai Karya Murni Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (20/12/2021).

Perayaan tersebut mengusung “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” (1 Petrus 1:22)” dengan Sub Tema “Persaudaraan & Kasih adalah kekuatan dalam pemulihan kehidupan”.

Bupati Simalungun mengatakan atas nama Pemerintah & Keluarga sampaikan Selamat Hari Natal buat Masyarakat Simalungun & Selamat Menjelang Tahun Baru 2022. “Kiranya Momen Natal ini membawa suka cita dan perubahan yang lebih baik kedepan buat Simalungun,” kata Bupati.

Sesuai dengan sub tema dalam perayaan Natal, Bupati mengatakan bahwa persaudaraan dan kasih adalah kekuatan dalam pemulihan kehidupan. “Jadi sub tema ini membawa kita, mengarahkan kita, mengajak masyarakat Simalungun, supaya kedepan ini mari kita bersatu, bergandengan tangan untuk membangun kampung halaman yang sama-sama kita cintai ini,” ajak Bupati.

Dikatakan, dua tahun berturut-turut disebabkan pandemi Covid-19 membuat tatanan kehidupan kita berubah. Oleh karena itu harapan pemerintah kedepan, mari melalui momen Natal ini kepada seluruh masyarakat Simalungun mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Simlaungun menuju daerah sejahtera.

Selain itu, Bupati sampaikan himbauan kepada masyarakat Simalungun yang ada di perantauan, mengingat ada varian baru yang saat ini sudah muncul di berbagai Negara di dunia. “Jika tidak ada hal yang mendesak atau penting mari kita urungkan untuk mudik tahun ini, sama-sama kita menjaga kesehatan kita. Menurut WHO bahwa varian baru disebut omicron yang penyebarannya lebih cepat dari delta plus,” sebut Bupati.

Untuk itu, Bupati berharap dalam mengatasi penyebaran varian baru virus omicron merupakan tugas bersama seluruh elemen masyarakat, sebagai upaya menjaga dan merawat generasi muda kedepan, sehingga mereka menjadi generasi yang sehat.

“Kami unsur Forkopimda akan terus melakukan pengawasan di perbatasan dalam rangka melakukan evaluasi masyarakat yang datang dengan menerapkan peduli lindungi agar masyarakat kita bisa terbebas dari virus varian apapun, khususnya varian umicorn saat ini. Bahkan omicron ini sudah sampai ke negara tetangga Malaysia dan Singapura,” terang Bupati.

Ketua DPRD yang diwakili Binton Tindaon mengatakan hampir dua tahun ini kita tidak laksanakan Natal karena Pandemi Covid. Hari ini kita bisa melaksanakannya puji Tuhan perayaan natal dilaksanakan di Perdagangan.

Sementara itu Anggota DPR RI Junimart Girsang yang hadir dalam perayaan Natal bersama itu, dalam sambutannya antara lain menyampaikan apresiasi atas semangat marharoan bolon yang dilaksanakan di Kabupaten Simalungun. “Kalau dulu pemerintah membantu masyarakat, sekarang masyarakat juga bisa membantu pemerintah dalam rangka untuk kebutuhan bersama,” katanya.

Junimart berharap Simalungun dapat menjadi Simalungun yang betul-betul berubah dan bisa menjadi contoh perubahan di Sumatera Utara. Hal itu harus didukung, tidak hanya hanya OPD tapi seluruh lapisan masyarakat maka Simalungun bisa berubah. “Simalungun akan menjadi Kabupaten yang luar biasa, saya yakin itu & Simalungun bisa menjadi percontohan di Sumatera Utara,” katanya.

“Selamat Hari Natal buat kita semua, sehat kita semua dan tetap kita menjaga protokol kesehatan, ini yang paling perlu,” ucap Junimart.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Simalungun yang diwakili Binton Tindaon dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama dua tahun kita tidak melaksanakan Perayaan Natal Bersama Pemerintah dan masyarakat dikarenakan Pandemi Covid-19. “Puji Tuhan hari ini kita dibolehkan melaksanakan Natal bersama dan kita berbangga hati acara ini dilaksanakan di Kecamatan Bandar,” katanya.

Selain itu terkait dengan program haroan bolon membangun Simalungun, Binton berharap kepada masyarakat agar menyikapi apa yang telah dikerjakan Pemkab Simalungun & DPRD Simalungun mendukung sepenuhnya apa yang direncanakan Pemkab Simalungun melalui marharoan bolon, program pembangunan yang telah dilakukan Pemkab Simalungun.

“DPRD sekarang, nanti dan yang akan datang siap mendukung pak Bupati Simalungun di hari yang akan datang dan semoga Natal hari ini membawa damai untuk Simalungun serta damai sejahtera di keluarga kita masing-masing,” kata Binton.

Perayaan Natal bersama tersebut diawali dengan pelaksanaan ibadah natal. Dalam ibadah itu disampaikan beberapa Liturgi, Liturgi I tentang Ke Agungan Ciptaan Tuhan dibawakan oleh tokoh pemuda dan masyarakat, Liturgi II tentang Kejatuhan Manusia akibat dosa dibawakan oleh para Pangulu, Lurah dan Aparatur Nagori, Liturgi III tentang Janji Keselamatan dibawakan Forkopimca & ASN Pemkab Simalungun, dan Liturgi IV tentang Kelahiran Juru Selamat yang dibawakan oleh Forkopimda Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya Penyalaan Lilin Natal oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Anggota DPR RI Junimart Girsang, Ketua DPRD Simalungun diwakili Binton Tindaon, Kapolres AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Dandim Letkol Inf Rolly Sohuoka, Ketua PN Vera Yetti Magdalena, mewakili Kajari & Ketua Panitia Sarimuda

Ephorus HKI Pdt Firman Sibarani, dalam khotbahnya antara lain menyampaikan, Tuhan mengajak kita untuk mewujudkan cinta kasih dalam persaudaraan sehingga muncul rasa peduli. “Seperti saat ini pemerintah dalam melakukan protokol kesehatan dalam menjaga dan mencegah penyebaran covid-19. Dan merupakan wujud bukti nyata cinta kasih,” kata Ephorus.

Oleh karena itu Ephorus mengajak, mari bersama-sama kita bergotong royong dalam menanggung beban kabupaten Simalungun. “Kita perduli dengan Simalungun mari kita wujud nyatakan cinta kasih Tuhan dalam kehidupan kita,” sebut Ephorus.

Pada Perayaan Natal itu juga diberikan tali asih kepada lansia yang kurang mampu dan anak yaim piatu serta dihibur oleh Amigos.

Tampak antara lain Anggota DPRD Simalungun Lindung Samosir, para pimpinan OPD dijajaran Pemkab Simalungun, Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua Persit Ny.Roly Sohuaka, Ketua Bhayangkari Ny. Nicolas, Ketua DWP Bernadetha Esron Sinaga, Forkopimca Kecamatan Bandar, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas, OKP dan masyarakat serta undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.HR