Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Diguncang Narkoba

0
28
Gbr : Lapas kelas IIA Pematangsiantar, jalan Asahan, kecamatan Siantar, kabupaten Simalungun, Sumut.

MetroGlobal24.com|Simalungun – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar yang berada di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut kembali diguncang dengan adanya isu dan informasi yang mengatakan bahwa di dalam gedung pembinaan para narapidana tersebut, sedang terjadi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Terkait adanya peredaran narkoba di dalam hingga di luar Lapas yang dikendalikan oleh Narapidana, bukanlah hal yang mengejutkan. Beberapa kali pihak Kepolisian Republik Indonesia berhasil menangkap dan mengungkap peredaran narkoba di beberapa wilayah yang dikendalikan dari Lapas.

Pertanyaannya bagaimanakah narkoba tersebut bisa masuk dan keluar Lapas, hingga dikendalikan oleh seorang narapidana? Apakah keterlibatan oknum Petinggi dan Pegawai Lapas ada, sehingga dengan mudahnya warga binaan pemasyarakatan (WBP/narapidana) dapat mengendalikan peredaran narkoba?

Banyak warga ketika menjawab pertanyaan tersebut, “dugaan kita sudah pastilah, kalau tidak apa mungkin, duri ikan aja tidak sembarangan bisa kita masukkan ke dalam Lapas itu,” bilang sekelompok warga yang sudah muak mendengar cerita narkoba di dalam Lapas.

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, baru-baru ini dihangatkan dengan adanya ciutan melalui media sosial yang menyinggung bahwa terkesan adanya peredaran narkoba di dalam gedung tersebut.

Dalam ciutan tersebut disebutkan bahwa warga binaan berinisial Wnd kendalikan peredaran narkoba di luar Lapas, bahkan si pembuat ciutan menyebutkan kalau Beking Wnd tersebut orang kuat yang bertugas di Kanwil.

“Ternyata beking si Wnd masih keras di Kanwil….,” demikian potongan ciutan di medsos milik TD.

Selain Wnd ciutan tersebut juga menyebutkan nama warga binaan lain berinisial By, dikatakannya bahwa By ‘membuka kamar kerja’ di dalam Lapas yang dipimpin oleh Pithra Jaya Saragih tersebut.

Informasi yang berkembang, saat ini beberapa nama bandar narkoba Siantar-Simalungun tengah mendekam di Lapas kelas IIA Pematangsiantar. Dikabarkan beberapa dari mereka masih ‘bermain’ narkoba di dalam gedung pembinaan tersebut.

“Memang benarnya tempat itu sebagai pembinaan buktinya banyak kegiatan positif yang dilaksanakan didalamnya hingga kegiatan keagamaan, tapi bukan hanya itu, kami juga menduga pembinaan untuk menjadikan para pengedar dan bandar narkoba juga terjadi disitu, agar lebih profesional mainnya ke depan, buktinya masih saja ada kedengaran cerita narkoba di dalam Lapas,” bilang Siregar, salah seorang warga kecamatan Siantar.

Menanggapi adanya informasi peredaran narkoba di dalam Lapas hingga pengendalian peredaran di luar lapas, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Erwin Siregar mengatakan kalau keadaan Lapas aman.

“Aman bang, mudah-mudahan berkat doa abang juga, Lapas kita adem dan aman,” bilang Erwin.FS|Mg