Kepiawaian Bahasa Arab Personel Polsek Perdagangan Percepat Pendampingan Warga Aljazair ke Bandara Kuala Namu

0
51

Perdagangan, MetroGlobal24.Com – Personil Polsek Perdagangan, Polres Simalungun, melaksanakan pengawalan khusus terhadap warga negara Aljazair, Mr. Abdel Hakim, pada hari Senin, 11 Maret 2024. Mulai pukul 10.00 WIB, pengawalan dilakukan sejak Mr. Hakim berada di kelurahan Perdagangan 1 hingga menuju Bandara Kuala Namu Medan untuk bertolak ke Jakarta.

Kegiatan Pengawalan ini langsung dipimpin oleh Kanit Reskrim IPTU Fritsel G. Sitohang, SH MH dan melibatkan beberapa personil dari Polsek Perdagangan yang berfokus pada reskrim serta Bhabinkamtibmas. Terlibat pula dalam proses ini adalah Lurah Perdagangan I, Mhd. Asril Nasution, S.H., yang membantu memfasilitasi perjalanan Mr. Abdel Hakim ke Bandara Kuala Namu.

Menurut Lurah Perdagangan I, fasilitas ini merupakan bentuk kerja sama yang baik antara Kepolisian, Pemerintahan setempat, dan masyarakat, untuk menjamin keamanan serta kenyamanan tamu negara selama berada di Indonesia. Pengawalan ini turut menunjukkan komitmen indonesia dalam menyambut dan melayani tamu internasional dengan penuh tanggung jawab.

Mr. Abdel Hakim menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada pihak Kepolisian, Pemerintahan, dan masyarakat Indonesia atas sambutan hangat dan pelayanan optimal yang diberikan kepadanya selama berada di Indonesia. Keberangkatannya kembali ke Jakarta melalui Bandara Kuala Namu Medan berlangsung lancar dan aman, berkat kerjasama yang solid dari berbagai pihak terkait.

Lurah Perdagangan I, Mhd. Asril Nasution, S.H., secara khusus sampaikan ucapan terimakasih kepada personel Polres Simalungun, BRIPKA SUPRI HELMI (Bhabinkamtibmas), atas kontribusi signifikan yang diberikan selama proses pengawalan dan bantuan kepada Mr. Abdel Hakim. Keterampilan BRIPKA SUPRI HELMI dalam berbahasa Arab diakui memainkan peran vital dalam memastikan komunikasi berlangsung lancar, efektif, dan dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

“Kemampuan Bripka Supri Helmi berkomunikasi dalam bahasa Arab sangat membantu dalam memperlancar semua proses. Ini adalah salah satu aspek penting yang membuat pengawalan dan bantuan kepada Mr. Abdel Hakim berjalan dengan baik,” ucap Lurah Asril Nasution. “Penggunaan bahasa Arab tidak hanya memudahkan dalam komunikasi, tetapi juga membawa kenyamanan bagi Mr. Abdel Hakim, membantu merasa lebih dihargai dan dipahami selama berada di wilayah kami.”

Kemampuan multi bahasa di antara personel kepolisian seperti yang ditunjukkan oleh Bripka Supri Helmi sangat diapresiasi karena berkontribusi pada citra positif kepolisian di mata internasional, sekaligus memperkuat hubungan baik antara Indonesia dengan warga negara asing yang berkunjung atau membutuhkan bantuan di Indonesia.

“Ini menunjukkan betapa pentingnya kemampuan berbahasa asing bagi personel polisi dalam melaksanakan tugas, khususnya dalam situasi yang melibatkan warga negara asing. Pengakuan ini tidak hanya memperkuat reputasi Polsek Perdagangan dalam memberikan pelayanan terbaik, tetapi juga menggaris bawahi nilai keberagaman & keterbukaan Indonesia dalam menerima tamu dari mancanegara, kata Kanit Reskrim Polsek Perdagangan IPTU Fritsel G. Sitohang, SH MH.

Pengawalan dilaksanakan dalam cuaca cerah, semakin memudahkan proses pengawalan tersebut. Kapolsek Perdagangan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan ini. Keberhasilan pengawalan ini menjadi salah satu bukti kinerja Polsek Perdagangan dalam menjaga keamanan dan pelayanan terhadap warga negara asing di wilayah hukumnya.TM