Kapolsek Purba Berhasil Menyelesaikan Sengketa Lahan Melalui Mediasi Problem Solving

0
4

 

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Kapolsek Purba AKP M. Sinaga dan jajarannya, termasuk Kanit Binmas Aiptu C. Sipayung dan Bhabinkamtibmas Polsek Purba Bripka Alwindo Sinaga, melaksanakan kegiatan mediasi problem solving di Kantor Pangulu Nagori Purba Sipinggan, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun pada hari Selasa, 8 Agustus 2023.

Dalam kegiatan mediasi ini, Kapolsek Purba dan jajarannya turut menyelesaikan sengketa lahan antara Sendi Warto Purba dan Antonius Purba. Sendi Warto Purba telah menutup jalan di perladangan miliknya yang menghalangi Antonius Purba untuk melintas ke perladangan miliknya yang berdekatan.

Melalui mediasi yang dilakukan dengan nasehat, arahan, wejangan, dan pandangan dari pihak Kepolisian, Pangulu Nagori, Tokoh masyarakat dan pihak keluarga, keduanya berhasil menyelesaikan permasalahan dengan cara kekeluargaan. Sendi Warto Purba setuju untuk memberikan bantuan dana pada Antonius Purba untuk membuka jalan baru menuju perladangannya, sementara Antonius Purba akan mendapatkan bantuan batu dari Sendi Warto Purba.

Dalam kegiatan mediasi tersebut, hadir pula beberapa pihak, antara lain Kapolsek Purba AKP M. Sinaga, Pangulu Nagori Purba Sipinggan Jhon Verdy Sipayung, Kasie Trantib Kecamatan Purba yang mewakili Camat Purba, Kanit Binmas Aiptu C. Sipayung, Bhabinkamtibmas Bripka A. Sinaga, dan Babinsa Koramil 13 TR Serda J. Saragih. Tidak hanya itu, tokoh masyarakat dan keluarga dari kedua belah pihak juga ikut hadir.

Meskipun cuaca pada saat kegiatan mediasi ini mendung, namun suasana berjalan dengan baik dan hasilnya pun sukses. Kapolsek Purba AKP M. Sinaga mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam mediasi problem solving ini, yang berhasil mencapai solusi damai dalam sengketa lahan. Dia juga mengajak semua pihak untuk menjaga hubungan kekeluargaan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Dengan berakhirnya sengketa lahan ini melalui mediasi problem solving, diharapkan kedua belah pihak dapat menjaga hubungan yang harmonis di masa yang akan datang. Polsek Purba juga akan terus berkomitmen dalam menjaga keamanan & ketertiban di wilayahnya.CRM