Kapolres Simalungun Pimpin Patroli Skala Besar Dimalam Libur

0
29

Simalungun, MetroGlobal24.Com – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH SIK MH pimpin pelaksanaan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta guna antisipasi kegiatan masyarakat di malam minggu dengan melaksanakan Patroli Skala Besar.

Kegiatan Patroli Skala Besar TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Simalungun dimulai dengan Pelaksanaan Apel yang digelar di Halaman Parkir Perumahan Meranti Land Jln. Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sabtu(20/5/2023) sekira Pukul 20.00 WIB.

“Patroli ini digelar untuk menjamin keamanan ditengah masyarakat serta mengajak masyarakat untuk sama-sama bekerja dalam merawat keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mendukung program-program pemerintah seperti mendirikan Siskamling, mendirikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba, serta kegiatan-kegiatan lainnya dalam menjaga kamtibmas. Kita akan datangi pemukiman, pusat keramaian dan tempat ibadah. Kita akan menyapa masyarakat,” jelas Kapolres saat memberikan keterangan, Minggu (21/5/23), sekira Pukul 00.10 WIB.

AKBP Ronald Sipayung dalam arahannya menyampaikan agar melaksanakan tugas dengan baik, “Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri dan TNI akan hadir jam berapa pun dan lokasi manapun.

Kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, siapapun bisa menjadi korban kejahatan untuk itu mari kita laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh karena masyarakat sangat membutuhkan kehadiran kita, TNI-Polri serta Satpol PP adalah alat Negara untuk itu mari kita tunjukan kepedulian kita terhadap masyarakat agar rasa aman dan nyaman yang selama ini terjaga tetap terawat di Wilayah Kabupaten Simalungun,” ujar Kapolres Simalungun.

Patroli Skala besar yang dilaksanakan ini juga bertujuan agar pelaksanaan Ibadah dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan Keamananan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Simalungun sendiri berkesempatan mengunjungi warung-warung kopi, lapo tuak, serta cafe-cafe tempat berkumpulnya masyarakat. Di sana, terlihat Kapolres berdialog dengan sejumlah masyarakat dengan menyampaikan himbauan.

Lulusan Akpol 2002 ini menanyakan seperti apa situasi di tempat mereka tinggal. Apakah aman atau tidak. Bahkan Kapolres sempat menyinggung, apakah ada masyarakat asing yang datang dan tidak dikenal untuk segera ditanyakan maksud dan tujuannya datang.

Selain menanyakan perihal keamanan, AKBP Ronald juga turut memantau lokasi warung guna memeriksa tidak adanya kegiatan perjudian yang dilakukan masyarakat.

Ia berpesan agar masyarakat tidak sungkan dan cepat melapor ke polisi bila mengetahui ada aksi kejahatan atau menjadi korban dan sama-sama bekerja untuk memberantas peredaran narkoba dan penyakit masyarakat lainnya seperti perjudian.

Lebih lanjut, Kapolres Simalungun menyebutkan dari pengakuan masyarakat, situasi terbilang aman dan kondusif. Untuk lokasi-lokasi tempat berkumpul masyarakat seperti warung kopi, lapo tuak, cafe-cafe tidak ditemukan kegiatan perjudian ataupun benda-benda yang mencurigakan, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk menjaga diri untuk tidak mengkonsumsi tuak berlebihan dan tidak pulang larut malam, untuk kendaraan yang terparkir harus dalam jarak pandang dan juga dilakukan kunci ganda oleh agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurutnya tak hanya Polres Simalungun, Polsek-polsek sejajaran Polres Simalungun di wilayah masing-masing juga menggelar kegiatan patroli serupa. Ia memerintahkan langsung Kapolsek dan jajaran di masing-masing wilayah untuk terjun ke lapangan. “Nanti akan ada evaluasi. Seluruh Kapolsek saya undang ke sini. Kita lakukan aksi-aksi maksimal, menjelang nanti Operasi Ketupat tiba,” jelasnya.

Tampak yang mendampingi Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH SIK MH, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH MH, Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol Joner Purba, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris Sihite SE, Kasat Samapta Polres Simalungun AKP P. Butar-butar SH, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono SH, Kapolsek Bangun AKP Lambok Stevanus Gultom SH, Kasat Intelkam Polres Simalungun IPTU Teguh Raya Putra Sianturi, Kanit Patroli Satlantas Polres Simalungun IPDA Ramdhan Siregar SH, Perwira Polres Simalungun, 40 Personel Polres Simalungun, Instansi terkait TNI 10 personel, Satpol PP 10 personel, Dishub 5 personel.

Kegiatan Patroli dibagi menjadi dua Tim, Tim-I memiliki Rute Patroli dimulai Start dari Halaman Parkir Perumahan Meranti Land Jalan Asahan, Jalinsum Lintas Siantar-Perdagangan, Pusat Keramaian Batu 6, Jln. Akasia Raya Simalungun, Warung/Lapo Tua/Cafe yang berada di Nagori Karang Anyer, Kampung Batak, Gunung Maligas, Jln. Sitalasari Gunung Maligas, Jln. Handayani, Gunung Maligas, Jln. Anjangsana Gunung Maligas, Jln. Ade Irma Gunung Maligas, Jln. Wakaf Gunung Maligas, Jln. Sumber Jaya Gunung Maligas, Jalan Lintas Siantar-Medan Tapian Dolok, Jln. Masjid Pamatang Simalungun, Lap. Bola Rambung Merah.

Waktu bersamaan Tim-II memiliki Rute Patroli dari Start Halaman Parkir Perumahan Meranti Land Jalan Asahan Jalinsum Lintas Siantar-Medan, Pemukiman Kecamatan Siantar Lapangan H.Ulakma Rambung Merah, Kampung Bersih Anti Narkoba Nagori Siantar Estate.

Setelah Patroli Skala Besar selesai dilaksanakan, situasi aman dan kondusif dan dilanjutkan Apel konsolidasi selanjutnya Personel Polres Simalungun melaksanakan giat patroli rutin antisipasi kerawanan Kamtibmas.REL